PENGALAMAN MANIS: MAHASISWA DAN DOSEN TEKNOLOGI PANGAN MELAKUKAN KUNJUNGAN INDUSTRI KE COKLAT MONGGO  

Mahasiswa bersama dosen Teknologi Pangan melakukan kunjungan industri ke coklat monggo Jogjakarta, kamis 21 Maret 2024. Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa dan dosen mendapatkan pemahaman terkait sejarah didirikannya coklat monggo. Selain itu, dijelasakan bagaimana proses pengolahan coklat monggo dari mulai fermentasi biji kakao, sortasi, roasting, grinding, pengepresan, lalu dihasilkan 2 cocoa butter dan cocoa mass. Cocoa butter yang dihasilkan merupakan hasil yang nantinya ditambahkan berbagai tambahan kondimen dan jadi coklat yang dipasarkan setelah distempering dan dikemas.

Disampaikan juga bahwa produksi coklat monggo tidak menggunakan campuran cocoa butter substitute atau lemak nabati sehingga coklat monggo tersebut murni coklat dan hal tersebut menjadi keunggulan coklat monggo. Keunggulan lainnya adalah varian rasanya yang sangat beragam dan jarang ditemukan dicoklat lainnya.

Selain dijelaskan pembuatan dan keunggulannya, mahasiswa dan dosen diajak mengunjungi museum coklat dan diajak mencetak coklat dengan berbagai bentuk. Kunjungan industri yang dilakukan bertujuan mengenalkan produk UMKM yang dapat bersaing dengan industri coklat besar serta memberikan edukasi tentang pembuatan coklat monggo.

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Scroll to Top